close
Banner iklan disini
..::: ..::Semoga Di Awal Tahun ini - Banyak Manfaat Yang kita Dapatkan..::..Selamat Datang Di ITBI..::..AYO GABUNG BERSAMA ITBI..::..Ikatan Terapis Bekam Indonesia..::..Bagi Anggota ITBI ketika mendaftarkan diri dan belum melampirkan fotocopy KTP dan surat Pernyataan Keanggotaan , Mohon mengirimkan secepatnya ke alamat email : informasi.online@yahoo.co.id..::..Belum Menjadi Anggota ITBI...?, Silahkan Daftar Di sini....... .::. Bantu Kami Dalam Mendakwahkan Pengobatan Islam dengan Menebar Link WWW.i-tbi.org di blog dan Website Anda, Serta Menebarkan LINK LOGO ITBI..::..Semoga Allah SWT Membalas kebaikan semua.AMIN ...::..Bagi yang telah mendaftarkan diri sebagai Anggota ITBI secara Online dan Belum melampirkan nomor urut ATM, tanggal dan jumlah tranfer atau nomor bukti cetak bukti setoran tunai, dimohon melampirkannya agra sertifikat keanggotaan dapat dibuat dan dikirimkan....:::...Bagi Anggota yang membutuhkan Rekomendasi ITBI silahkan kirimkan via email surat permohonan Rekomendasi dari ITBI

Persyarat Perijinan atau Terdaftar Sebagai Pengobatan Tradisional atau Penerapis Bekam

PERSYARATAN PERIZINAN
SURAT IZIN / SURAT TERDAFTAR PENGOBAT TRADISIONAL (SIPT / STPT)


Ikatan Terapis Bekam Indonesia - ITBI .org - Beberapa tahun terakhir perobatan alamiah (tradisional) berkembang sangat pesat di Indonesia, baik berupa layanan secara perorangan (door to door), di klinik kecil-kecilan, di salon-salon kecantikan dan spa, maupun yang telah diintegrasikan di sarana layanan kesehatan umumnya.


Untuk memastikan bahwa pengobatan tradisional yang tumbuh berkembang di tengah-tengah masyarakat adalah pengobatan tradisional yang dapat dipertanggungjawabkan manfaat dan keamanannya, maka sesuai dengan Pasal 4 Keputusan Menkes No. 1076/Menkes/SK/VII/2003 tanggal 24 Juli 2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional, semua pengobat tradisional wajib mendaftarkan diri kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat untuk memperoleh Surat Izin/ Terdaftar Pengobat Tradisional (SIPT/STPT).

Dengan adanya STPT ini, maka praktek pengobatan tradisional dapat terus dipantau oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat sehingga diharapkan pada akhirnya dapat memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat penggunanya.

Pengobat tradisional adalah seorang yang diakui dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai orang yang mampu melakukan perobatan secara tradisional. Demikian pula dengan Perobatan Bekam (Al Hijamah), para praktisinya harus terdaftar Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota masing-masing.

Adapun persyaratan perizinan Surat Izin / Surat Terdaftar Pengobat Tradisional adalah sebgaai berikut :
  1. Surat Permohonan bermaterai (blanko/form surat permohonan bisa diperoleh di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat)
  2. Biodata Pengobat Tradisional
  3. Foto Copy KTP
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah
  5. Surat keterangan lurah/desa tempat melakukan pekerjaan sebagai pengobat tradisonal
  6. Peta lokasi usaha dan denah ruangan
  7. Rekomendasi dari asosiasi profesi dibidang pengobatan tradisional yang bersangkutan
  8. Foto copy sertifikat/Ijazah pengobat tradisional
  9. Foto Copy Ijazah pendidikan formal terakhir
  10. Surat Pengantar Pukesmas setempat
  11. Pas foto terbaru 4 x 6 sebanyak 3 lembar bagi yang baru dan 2 lembar bagi yang regisrasi ulang
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Loading...