close
Banner iklan disini
..::: ..::Semoga Di Awal Tahun ini - Banyak Manfaat Yang kita Dapatkan..::..Selamat Datang Di ITBI..::..AYO GABUNG BERSAMA ITBI..::..Ikatan Terapis Bekam Indonesia..::..Bagi Anggota ITBI ketika mendaftarkan diri dan belum melampirkan fotocopy KTP dan surat Pernyataan Keanggotaan , Mohon mengirimkan secepatnya ke alamat email : informasi.online@yahoo.co.id..::..Belum Menjadi Anggota ITBI...?, Silahkan Daftar Di sini....... .::. Bantu Kami Dalam Mendakwahkan Pengobatan Islam dengan Menebar Link WWW.i-tbi.org di blog dan Website Anda, Serta Menebarkan LINK LOGO ITBI..::..Semoga Allah SWT Membalas kebaikan semua.AMIN ...::..Bagi yang telah mendaftarkan diri sebagai Anggota ITBI secara Online dan Belum melampirkan nomor urut ATM, tanggal dan jumlah tranfer atau nomor bukti cetak bukti setoran tunai, dimohon melampirkannya agra sertifikat keanggotaan dapat dibuat dan dikirimkan....:::...Bagi Anggota yang membutuhkan Rekomendasi ITBI silahkan kirimkan via email surat permohonan Rekomendasi dari ITBI

Proses Pembuatan Izin Apotek / Apotik Dan Toko Obat (Apotik Rakyat)

Ikatan Terapis Bekam Indonesia - ITBI - Dengan makin banyak berkembangnya rumah sakit dan klinik di berbagai daerah, makin banyak pula apotek dan toko obat yang bertebaran di berbagai kota besar sampai ke pelosok desa. Apotek umumnya menjual obat-obat yang harus menggunakan resep dokter atau obat-obat yang tidak bisa dijual bebas. Toko obat umumnya menjual obat-obatan bebas yang biasa dijual kepada masyarakat umum tanpa memerlukan resep dari dokter.

IZIN APOTEK DAN TOKO OBAT
Persyaratan Administratif IZIN APOTEK DAN TOKO OBAT

Persyaratan administratif yang harus dipenuhi untuk memperoleh izin pengelolaan apotek dan/atau toko obat sebagai berikut.

  1. Salinan denah bangunan atau denah lokasi apotek/toko obat.
  2. Mengurus Surat-Surat Perizinan
  3. Salinan ijazah apoteker dan/atau asisten apoteker.
  4. Salinan SIK (Surat Izin Kerja) apoteker dan/atau asisten apoteker.
  5. Daftar obat-obatan yang akan diperdagangkan.
  6. Salinan KTP pemilik dan apoteker.
  7. Surat keterangan kepemilikan bangunan dan/atau surat sewa.
  8. Daftar nama asisten apoteker (nama, alamat, tanggal lulus, nomor SIK, dan ijazah yang berlaku).
  9. Daftar perlengkapan apotek.
  10. Surat pernyataan dari apoteker pengelola apotek bahwa tidak bekerja tetap pada perusahaan farmasi lain dan tidak menjadi apoteker di apotek lain.
  11. Surat izin atasan bagi pemohon yang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil), anggota TNI dan Polri, atau pegawai instansi pemerintah lain.
  12. Surat perjanjian kerja sama antara apoteker dan pemilik sarana.
  13. Surat pernyataan pemilik sarana tidak terlibat pelanggaran perundang-undangan di bidang obat.
  14. Surat Izin Tempat Usaha (SITU).
  15. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  16. Pelunasan PBB tahun terakhir.
  17. Salinan NPWP.
  18. Rekomendasi dari organisasi ISFI (Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia).

Poin 1 sampai 4 adalah persyaratan administratif yang diperlukan untuk izin toko obat. Poin 5 sampai 13 adalah tambahan persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh izin pengelolaan apotek.

Prosedur Perolehan Izin APOTEK DAN TOKO OBAT

Ada beberapa prosedur dalam memperoleh izin pembukaan apotek dan/atau toko obat sebagai berikut.

  1. Pemohon atau pengelola mengajukan permohonan kepada Kepala Dinas Kesehatan di tingkat kabupaten atau kota dengan melengkapi semua persyaratan administratif yang diperlukan.
  2. Selanjutnya Dinas Kesehatan akan melakukan pemeriksaan berkas dan sarana di lapangan. Jika semua berkas dan perlengkapan memenuhi syarat, pemohon atau pengelola kemudian melunasi retribusi yang sudah ditentukan.
  3. Setelah pemohon membayar retribusi dan semua persyaratan Lengkap maka izin akan segera diberikan. Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan izin ini apabila semua persyaratan Lengkap adalah sekitar 14 (empat belas) hari kerja.
Previous
Next Post »
Comments
3 Comments

3 komentar

Click here for komentar
12 Februari 2014 19.32 ×

rumit bener ya,padahal ada peluang nih

Reply
avatar
Anonim
admin
6 Maret 2014 03.47 ×

izin sharing yah!

Reply
avatar
9 Oktober 2015 01.06 ×

ijin share kaka, bagus ini

Reply
avatar
Loading...