close
Banner iklan disini
..::: ..::Semoga Di Awal Tahun ini - Banyak Manfaat Yang kita Dapatkan..::..Selamat Datang Di ITBI..::..AYO GABUNG BERSAMA ITBI..::..Ikatan Terapis Bekam Indonesia..::..Bagi Anggota ITBI ketika mendaftarkan diri dan belum melampirkan fotocopy KTP dan surat Pernyataan Keanggotaan , Mohon mengirimkan secepatnya ke alamat email : informasi.online@yahoo.co.id..::..Belum Menjadi Anggota ITBI...?, Silahkan Daftar Di sini....... .::. Bantu Kami Dalam Mendakwahkan Pengobatan Islam dengan Menebar Link WWW.i-tbi.org di blog dan Website Anda, Serta Menebarkan LINK LOGO ITBI..::..Semoga Allah SWT Membalas kebaikan semua.AMIN ...::..Bagi yang telah mendaftarkan diri sebagai Anggota ITBI secara Online dan Belum melampirkan nomor urut ATM, tanggal dan jumlah tranfer atau nomor bukti cetak bukti setoran tunai, dimohon melampirkannya agra sertifikat keanggotaan dapat dibuat dan dikirimkan....:::...Bagi Anggota yang membutuhkan Rekomendasi ITBI silahkan kirimkan via email surat permohonan Rekomendasi dari ITBI

Pengobatan Tradisional Diberi Ruang


Ikatan Terapis Bekam Indonesia - ITBI - Kementerian Kesehatan memberi ruang bagi layanan kesehatan tradisional. Namun, mereka harus mengikuti aturan. Itu berlaku bagi pemberi layanan kesehatan tradisional dari dalam dan luar negeri. Pemerintah juga merapikan integrasi layanan kesehatan tradisional ke sistem kesehatan nasional.

Direktur Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif, dan Komplementer Kementerian Kesehatan Abidinsyah Siregar, Kamis (16/8), mengatakan, pada UU No 36/2009 tentang Kesehatan ada 17 jenis pelayanan kesehatan dalam sistem kesehatan nasional. ”Salah satunya kesehatan tradisional,” kata dia.

Pelayanan kesehatan tradisional harus ikut aturan, mulai perizinan bagi pengobat dan sarananya hingga beriklan. Demi melindungi publik dan demi citra layanan kesehatan tradisional.

Saat ini, tiga iklan layanan kesehatan herbal di televisi diprotes kalangan profesi kesehatan. Testimoni dan promosi penjualan mereka dapat mencoreng citra layanan kesehatan herbal.

Menurut Sekretaris Bidang Kajian Pengobatan Tradisional Komplementer pada Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aldrin Neilwan, IDI tidak antipengobatan tradisional. Ada batasan, termasuk beriklan yang harus dipenuhi mereka yang bergerak di kesehatan. ”Ketika terkait sektor kesehatan, pelayanan kesehatan, keamanan, efektivitas, dan mutu penting,” ujarnya.

Sudah diatur

Abidinsyah mengatakan, pemberi layanan kesehatan tradisional harus berizin. Untuk pengobatan nonkonvensional yang metodenya diakui dan punya sistem pendidikan, seperti akupunktur, hiperbarik, dan herbal China, akan diberi surat izin pengobat tradisional.

Pengobat tradisional lain mesti punya surat terdaftar. Surat izin itu dari dinas kesehatan kabupaten/kota. (INE)

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Loading...