close
Banner iklan disini
..::: ..::Semoga Di Awal Tahun ini - Banyak Manfaat Yang kita Dapatkan..::..Selamat Datang Di ITBI..::..AYO GABUNG BERSAMA ITBI..::..Ikatan Terapis Bekam Indonesia..::..Bagi Anggota ITBI ketika mendaftarkan diri dan belum melampirkan fotocopy KTP dan surat Pernyataan Keanggotaan , Mohon mengirimkan secepatnya ke alamat email : informasi.online@yahoo.co.id..::..Belum Menjadi Anggota ITBI...?, Silahkan Daftar Di sini....... .::. Bantu Kami Dalam Mendakwahkan Pengobatan Islam dengan Menebar Link WWW.i-tbi.org di blog dan Website Anda, Serta Menebarkan LINK LOGO ITBI..::..Semoga Allah SWT Membalas kebaikan semua.AMIN ...::..Bagi yang telah mendaftarkan diri sebagai Anggota ITBI secara Online dan Belum melampirkan nomor urut ATM, tanggal dan jumlah tranfer atau nomor bukti cetak bukti setoran tunai, dimohon melampirkannya agra sertifikat keanggotaan dapat dibuat dan dikirimkan....:::...Bagi Anggota yang membutuhkan Rekomendasi ITBI silahkan kirimkan via email surat permohonan Rekomendasi dari ITBI

Bekam Basah Ketika Puasa Tidak Membatalkan


www.i-tbi.org - Adapun hukum melakukan terapi bekam pada saat puasa itu mubah/ boleh karena beberapa alasan sebagai berikut:

1. Hadis Nabi yang shohih dari Ibnu Abbas: ” Beliau berbekam ketika sedang puasa”.

2. Hadis Nabi yang juga shoheh dari sahabat Abu Said Al-Khudri yang berkata: ” Rosulullah memberikan rukshoh mengenai berbekamnya orang yang berpuasa,”. Hadis inilah yang dikatakan oleh para Ulama yang menghapus/ menasakh hadis yang berbunyi: ” Orang yang membekam dan dibekam batal puasanya”. Alasanya karena rukshoh terjadi ketika sebelumnya ada penekanan mengenai batalnya puasa dengan bekam, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ibnu Hadzm dan lain-lain.

3. Para sahabat RA sering melakukan bekam pada saat berpuasa. Sebagaimana dalam Shohih Bukhori dikatakan Bakir berkata dari Ummu Alqomah,”Dulu kami pernah berbekam di hadapan Aisyah maka kami pun tidak dilarang.” Dalam redaksi lain “berbekam bersama keponakannya Aisyah RA”. Ada juga cerita Ummul Mukminin, Ummu Salamah juga berbekam pada saat berpuasa. Selain itu dalam Shohih Bukhori juga disebutkan riwayat dari Saad bin Abi Waqosh dan Zaid bin Arqom bahwa mereka pernah berbekam sedangkan mereka berpuasa. Kemudian ada juga, Sahabat Anas RA, maula Rosulullah SAW pernah ditanya oleh Tsabit Al-Banani ” Apakah kalian memakruhkan bekam ketika berpuasa? riwayat lain,”…. pada masa Rosulullah?” Makan Anas RA menjawab, “Tidak, Kecuali menyebabkan lemah (merusak).”. Selain itu pula, Sahabat Ibnu Umar biasa berbekam pada saat puasa sebagaimana diceritakan oleh Al-Bukhori.

4. Menurut Imam Malik dalam kitab Muwato’nya dan Imam Syafiie mengatakan bahwa hukum terapi bekam boleh saja jika tidak menjadikan orang yang dibekam menjadi lemah sehingga menjadikan orang yang melakukan terapi bekam menjadi berbuka puasanya. Tetapi Jika menyebabkan lemah pada orang yang dibekam maka humum terapi bekam tersebut makruh.

5. Kemudian Imam Syafiie mengatakan bahwa di dalam hadis Ibnu Abbas terdapat qiyas bahwa puasa tidak batal lantaran keluarnya sesuatu dari tubuh, kecuali seseorang yang mengeluarkan isi perutnya dengan sengaja memuntahkannya. Kadang-kadang seseorang mengalami keluarnya sperma (red: wadi/ madzi) yang keluarnya tidak melalui kenikmatan maka puasanya tidak batal. Ia juga berkeringat lantas berwudhu, mengeluarkan berak, angin, dan kencing, mandi dan berjemur namun hal itu tidak membatalkan puasa. Batalnya puasa hanyalah karena memasukan sesuatu kedalam tubuh, merasakan kenikmatan bersenggama, atau muntah sengaja. Jadi batalnya karena ia mengeluarkan sesuatu dari perut atau memasukan sesuatu dalamnya dengan sengaja”.

6. Ia mengatakan pula, ” Yang saya ingat riwayat dari sebagian sahabat, Tabiin dan kebanyakan Ulama Madinah adalah bahwa seseorang tidak batal puasanya karena berbekam“, (Buku Ikhtilaful Hadis Assyafiie hal 530)

Sumber : sumeks.co.id
Previous
Next Post »
Comments
1 Comments

1 komentar:

Click here for komentar
28 Februari 2014 20.59 ×

bekam bukan memasukan,tapi mengeluarkan,jadi ga batal

Congrats bro pelangsing wsc biolo you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Loading...