close
Banner iklan disini
..::: ..::Semoga Di Awal Tahun ini - Banyak Manfaat Yang kita Dapatkan..::..Selamat Datang Di ITBI..::..AYO GABUNG BERSAMA ITBI..::..Ikatan Terapis Bekam Indonesia..::..Bagi Anggota ITBI ketika mendaftarkan diri dan belum melampirkan fotocopy KTP dan surat Pernyataan Keanggotaan , Mohon mengirimkan secepatnya ke alamat email : informasi.online@yahoo.co.id..::..Belum Menjadi Anggota ITBI...?, Silahkan Daftar Di sini....... .::. Bantu Kami Dalam Mendakwahkan Pengobatan Islam dengan Menebar Link WWW.i-tbi.org di blog dan Website Anda, Serta Menebarkan LINK LOGO ITBI..::..Semoga Allah SWT Membalas kebaikan semua.AMIN ...::..Bagi yang telah mendaftarkan diri sebagai Anggota ITBI secara Online dan Belum melampirkan nomor urut ATM, tanggal dan jumlah tranfer atau nomor bukti cetak bukti setoran tunai, dimohon melampirkannya agra sertifikat keanggotaan dapat dibuat dan dikirimkan....:::...Bagi Anggota yang membutuhkan Rekomendasi ITBI silahkan kirimkan via email surat permohonan Rekomendasi dari ITBI

Bagaimanakah Gejala atau Tanda Cacingan

Ikatan Terapis Bekam Indonesi - Cacingan pada umumnya terjadi pada anak-anak. Ini karena anak-anak sangat rentan terpapar benda-benda kotor yang sudah terkontaminasi cacing. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk orang dewasa terkena penyakit cacingan ini. Pada dasarnya penyakit yang satu ini memang bisa menghinggapi siapa saja yang kurang memperhatikan kebersihan. Selain itu, patut diwaspadai meskipun penyakit ini cenderung penyakit ringan, namun penyakit ini bisa menular dari satu orang ke yang lain.



Perlu diketahui, cacing yang masuk ke dalam sistem pencernaan manusia bersifat parasit. Mereka akan memakan makanan yang berasal dari apa yang kita makan. Tidak jarang, bagi penderita cacingan biasanya akan mengalami kurang gizi dan terlihat kurung dengan perut yang membuncit. Selain itu, ada beberapa tanda seseorang mengalami cacingan. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Diare berkepanjangan

Diare pada dasarnya bukan merupakan tanda yang secara signifikan mengarah pada cacingan. Namun dalam beberapa kasus, jika diare berkepanjangan dan tidak kunjung berhenti, kemungkinan orang tersebut mengalami cacingan. Ya, cacing di dalam tubuh juga ternyata bisa menjadi penyebab diare.

2. Sakit perut

Sakit perut berupa kram kemungkinan bisa terjadi pada seseorang yang mengalami cacingan. Nah, perlu diwaspadai jika kram tersebut datang dan pergi dan datang lagi, kemungkinan anda memiliki cacing dalam sistem pencernaan anda.

3. Terhambatnya pertumbuhan

Gejala yang satu ini biasa terjadi pada anak-anak. Mereka yang mengidap penyakit cacingan biasanya pertumbuhannya terlambang dibandingkan dengan anak-anak seumurannya. Hal ini karena nutrisi yang seharusnya diserap tubuh untuk tumbuh justru diserap oleh si cacing yang berada dalam organ-organ pencernaan. Bahkan, jika tidak segera ditangani cacing ini bisa menjadi penyebab busung lapar pada anak-anak. Selanjutnya, anak-anak akan menampakkan ciri-ciri kurang gizi yang seharusnya menjadi perhatian para orangtua untuk segera mengambil tindakan untuk mengobati cacingan tersebut. Sehingga, anak pun bisa tumbuh normal dan terhindar dari akibat kekurangan gizi.

4. Lesu

Seperti disebutkan sebelumnya, cacing yang berada di dalam tubuh akan memakan makanan dan ikut menyerap nutrisi yang diperuntukan untuk tubuh. Sehingga, si penderita cacingan akan kekurangan berbagai macam nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh, termasuk vitamin B12 yang membantu dalam produksi sel darah merah. Akibatnya, meraka akan kekurangan darah hingga anemia. Peran enzim dalam metabolisme tubuh pun bisa ikut terganggu jika cacing dalam pencernaan tidak segera diobati.

5. Batuk kering

Masuknya cacing ke dalam tubuh akan sangat merugikan bagi manusia. Bahkan, dalam kurun waktu yang cukup singkat, cacing-cacing ini bisa berkembang biak. Cacing-cacing kecil bahkan bisa menyebar ke organ-organ lain di tubuh manusia termasuk masuknya cacing ke dalam organ pernapasan seperti paru-paru. Jika hal itu terjadi, biasanya akan terjadi peradangan dalam organ tersebut. Kondisi ini akan menyebabkan si penderita mengalami batuk-batuk. Biasanya jenis batuk yang dialami adalah batuk kering, nafas menjadi tersengal-sengal, demam, sakit di dada dan bersin-bersin.

6. Cacing pada kotoran

Bagi penderita cacingan, cacing juga biasanya bisa ikut keluar saat anda buang air besar (BAB). Sangat besar kemungkinan hal ini terjadi. Namun kebanyakan, hal tersebut tidak disadari oleh penderita cacingan.

7. Gatal pada anus

Penderita cacingan juga akan mengalami kesulitan tidur di malam hari. Ya, di malam hari biasanya anus akan terasa gatal karena terdapat cacing-cacing kremi di area tersebut.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Loading...