close
Banner iklan disini
..::: ..::Semoga Di Awal Tahun ini - Banyak Manfaat Yang kita Dapatkan..::..Selamat Datang Di ITBI..::..AYO GABUNG BERSAMA ITBI..::..Ikatan Terapis Bekam Indonesia..::..Bagi Anggota ITBI ketika mendaftarkan diri dan belum melampirkan fotocopy KTP dan surat Pernyataan Keanggotaan , Mohon mengirimkan secepatnya ke alamat email : informasi.online@yahoo.co.id..::..Belum Menjadi Anggota ITBI...?, Silahkan Daftar Di sini....... .::. Bantu Kami Dalam Mendakwahkan Pengobatan Islam dengan Menebar Link WWW.i-tbi.org di blog dan Website Anda, Serta Menebarkan LINK LOGO ITBI..::..Semoga Allah SWT Membalas kebaikan semua.AMIN ...::..Bagi yang telah mendaftarkan diri sebagai Anggota ITBI secara Online dan Belum melampirkan nomor urut ATM, tanggal dan jumlah tranfer atau nomor bukti cetak bukti setoran tunai, dimohon melampirkannya agra sertifikat keanggotaan dapat dibuat dan dikirimkan....:::...Bagi Anggota yang membutuhkan Rekomendasi ITBI silahkan kirimkan via email surat permohonan Rekomendasi dari ITBI

Berikut Cara Lengkap Menangani Cacingan

Ikatan Terapis Bekam Indonesia - Pembaca Artikel ITBI, Untuk mendeteksi apakah anda mengalami cacingan atau tidak, anda bisa perhatikan berbagai tanda-tanda cacingan di atas. Namun, untuk lebih meyakinkan sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter sehingga anda pun bisa segera mengetahui penyebab dan sesegera mungkin bisa mengobati penyakit tersebut. Selain pengobatan secara medis, untuk cara mengobati cacingan kita juga bisa melakukannya sendiri di rumah, sebagai berikut:

1. Pengobatan oral

Obat-obat biasanya akan diberikan dokter pada kasus cacingan yang membandel. Namun, biasanya obat-obatan ini kurang efektif diserap oleh sistem pencernaan manusia. Biasanya, dokter juga akan memberikan obat-obatan tambahan untuk mencegah si penderita dari muntah yang bisa menyebabkan dia kembali terinfeksi larva cacing. Pengecekan pada feses juga akan dilakukan untuk memastikan cacing dalam tubuh sudah benar-benar mati.

2. Obat anti inflamasi

Jika cacing dalam tubuh manusia sudah menginfeksi bagian lain selain organ pencernaan, maka obat anti inflamasi dibutuhkan untuk mengobati bagian organ yang mengalami infeksi. Jika tidak, kondisi bisa semakin parah karena cacing akan terus berkembang biak di dalam tubuh dan semakin merugikan.

3. Operasi

Dalam kasus-kasung cacingan yang sudah berat dimana larva atau cacing-cacing sudah menyebar ke organ-organ lain di dalam tubuh, tindakan operasi bisa jadi dilakukan. Hal tersebut untuk mengeluarkan cacing maupun benihnya dari dalam organ-organ tersebut.

4. Pomegranate

Selain beberapa tindakan medis di atas, mengobati cacingan juga bisa dengan bahan-bahan dan cara-cara alami. Seperti misalnya menggunakan pomegranate atau delima. Di dalam delima terkandung zat alkaloid yang memiliki pelletierine. Zat ini mampu melumpuhkan parasit-parasit di dalam tubuh termasuk cara mengobati cacingan. Untuk penggunaannya, bisa dengan cara diseduh. Konsumsi teh pomegranate rutin setiap hari bisa melenyapkan cacing di dalam tubuh.

5. Wormwood

Di Indonesia, tumbuhan ini mungkin masih jarang. Tumbuhan ini awalnya berasal dari negeri China kemudian menyebar ke berbagai negara lainnya termasuk Indonesia. Sayangnya, tanaman ini masih dibandrol dengan harga selangit karena fungsi yang dimilikinya. Tidak hanya membunuh parasit seperti cacing di dalam tubuh, kandungan zat artemesinin di dalamnya bahkan secara terbukti mampu membunuh sel-sel kanker.

6. Lidah buaya

Di Indonesia, lidah buaya memang sudah cukup dikenal dalam dunia pengobatan herbal. Ya, kayanya zat di dalam lidah buaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit cacingan. Bahkan, lidah buaya sudah umum dijadikan sebagai komposisi dalam produk-produk kecantikan. Untuk mengobati cacingan dengan lidah buaya pun sangat mudah, cukup dengan membersihkan lidah buaya, rebus untuk kemudian diblender. Minum jus lidah buaya tersebut secara rutin untuk membunuh cacing di dalam sistem pencernaan. Namun harus diperhatikan, bagi wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi lidah buaya karena bisa menyebabkan muntah-muntah.

7. Epazote

Epazote merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah hingga Selatan. Penduduk asli Meksiko sudah sejak lama menggunakan epazote sebagai obat untuk cacingan. Dalam hal ini, daun epazote yang sudah keringlah yang dipakai. Kemudian diseduh dengan setengah gelas air panas untuk selanjutnya diminumkan kepada penderita cacingan. Namun, perlu diwaspadai, jangan sampai anda mengkonsumsi biji epazote karena bagian tersebut mengandung racun.

8. Cengkeh

Tanaman dan buah Cengkeh merupakan rempah asli Indonesia, yang ternyata selain melezatkan makanan bisa juga untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk mengobati cacingan misalnya, cengkeh baik bunga maupun bijinya bisa digunakan dengan cara diseduh air panas. Minum teh cengkeh tersebut selagi masih hangat. Untuk hasil yang maksimal, minuman cengkeh ini harus diminum secara rutin untuk bisa mengeluarkan cacing-cacing di dalam tubuh secara menyeluruh.

9. Kunyit

Sponsors Link


Dalam dunia pengobatan herbal, kunyit memang sudah sangat familiar. Dan ternyata, kunyit juga sangat ampuh untuk mengusir cacing-cacing yang terdapat di dalam tubuh manusia. Caranya? Parut kunyit, campurkan dengan air panas. Kemudian peras, ambil ekstraknya. Ekstrak kunyit ini baik diminum menjelang tidur untuk kemudia cacing-cacing akan keluar di pagi hari saat anda BAB. Selain itu, perlu diketahui jika kunyit jika merupakan salah satu sumber makanan pembersih usus kotor.

10. Minyak kelapa murni

Tidak kalah dengan minyak zaitun, minyak kelapa pun memiliki khasiat yang sangat banyak. Untuk cara mengobati cacingan pada orang dewasa maupun anak-anak, kita bisa menggunakan minyak kelapa murni. Caranya mudah, cukup dengan mengkonsumsi dua sendok minyak kelapa muda. Lakukan langkah tersebut sampai beberapa hari hingga gejala cacingan hilang.

11. Bawang merah

Tahukah anda jika ternyata bawang merah juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk membunuh cacing-cacing di dalam perut? Caranya adalah dengan memarut bawang merah, lalu campurkan sedikit air dan minum air tersebut. Anda pun akan terbebas dari cara mengobati cacingan.

12. Bawang putih

Perlu diketahui bahwa selain bawang merah, bawang putih juga bisa menjadi obat cacingan yang mujarab. Caranya sama, bisa dengan diperas dan diambil airnya atau bisa juga dimakan langsung. Cukup dua siung bawang putih saja untuk melenyapkan cacing dalam pencernaan.

Nah, itu dia beberapa tindakan dan cara-cara alami yang bisa anda praktekan untuk menyembuhkan penyakit cacingan. Tidak hanya yang sudah disebutkan di atas, beberapa bahan dan hal lainnya juga bisa membantu anda melenyapkan si cacing yang membandel. Ini dia beberapa cara lain untuk mengeluarkan cacing-cacing di perut:

  • Kacang almond.
  • Krokot liar.
  • Kelapa.
  • Wortel.
  • Pare.
  • Pepaya muda.
  • Biji pepaya masak.
  • Echinacea.
  • Oregano.
  • Biji labu.
  • Pisang.
  • Minyak jarak.
  • Melon.
  • Nanas.
  • Daun pepaya.
  • Thyme.
  • Biji mentimun.
  • Biji labu.
  • Jahe.
  • Cabai rawit.
  • Nanas.
  • Diatomaceous Earth (diatomix).
  • Neem oil.

Demikian ulasan tentang cara mengobati adanya penyakit cacingan yang sering terjadi pada orang dewasa yang bisa anda ketahui, supaya anda bisa cepat segera lekas sembuh.

Sumber : Berbagai Sumber
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Loading...